SUMBARKITA.ID — Berdagang atau mendirikan usaha adalah budaya yang paling menonjol dalam masyarakat Minangkabau.
Bagi mereka yang berdarah Minang, berdagang atau berusaha tidak hanya sebatas mencari uang dan mengejar kekayaan, melainkan bentuk eksistensi diri sebagai orang yang merdeka. Dan, ini adalah idealisme.
Idealisme yang dimaksud adalah orang Minang tidak suka diatur dan dikekang. Mereka berani memulai usaha dari nol dengan usahanya sendiri, dan kurang menghiraukan resiko rugi.
Seiring perkembangan zaman, selain berdagang orang minang terutama di perantauan pun terjun ke berbagai bidang. Bahkan ada yang berhasil menjalani beberapa kombinasi bidang usaha sekaligus, misalnya pengusaha dan influencer.
Maka tak heran, begitu banyak public figure berdarah minang yang kita kenal melalui berbagai sosial media yang tidak hanya sukses sebagai influencer, tapi juga dikenal sebagai pengusaha sukses.
Walaupun sudah lama tinggal di tanah rantau, sebagian besar mereka masih mempertahankan prinsip daerah asalnya.
Dihimpun dari berbagai sumber, inilah 7 influencer sekaligus pengusaha muda sukses dan inspiratif berdarah minang.
Marchella FP
Menawan, kreatif, dan berbakat adalah tiga kata yang dapat mendeskripsikan seorang Marchella Febritrisia Putri. Sosok di balik buku dan akun Instagram yang memiliki 1,6 juta followers yaitu Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) mulai menjadi role model dan tokoh inspiratif anak muda dalam berkarya.

Perempuan yang akrab disapa Cecel ini, sukses menjadi founder bisnis miliknya di bidang Intellectual Property (IP) yang diberi nama PT Kebahagian Itu Sederhana.
Pada mulanya, wanita Minang berzodiak Aquarius ini menggunakan royalti dalam buku pertamanya (Generasi 90an) untuk mendirikan Proud to Post it, sebuah bisnis yang bergerak di bidang merchandising.
Arief Muhammad
Sosok influencer ini selalu bisa relevan dengan perkembangan jaman sejak awal kemunculannya di dunia entertaiment. Ayah satu anak ini kerap menjadi panutan karena menginspirasi muda-mudi dalam berkarya dan berbisnis.

Tidak hanya satu bisnis saja, pria Minang kelahiran 26 Oktober 1990 ini ternyata memiliki beberapa kerajaan bisnis. Di antaranya, di bidang kuliner ada Cakekinian, Drinkinian, dan Mie Bangcad.
Di bidang fashion Arief membangun clothing line yang diberi nama Billonaire’s Project. Terakhir, Cuancuan.id yang menjual beragam jenis smartphone.
Niko Al-Hakim & Rachel Vennya
Terkenal dengan julukan relationship goals di Instagram, pasangan berdarah Minang ini telah dikaruniai sepasang buah hati yang bernama Xabiru dan Chava di usia mereka yang baru menginjak 25 tahun.
Meski usianya masih sangat muda, pasangan selebgram dengan bayaran endorsement yang cukup fantastis ini telah memiliki beberapa kerajaan bisnis. Di antaranya, di bidang kuliner yaitu Taichan Goreng, brand ini merupakan bisnis terlaris yang dikelola oleh Rachel dan Niko.

Masih di industri kuliner, mereka juga mendirikan warteg dengan sentuhan modern yang diberi nama Rumah Sedep.
Di bidang fashion ada Raven is Odd dan Mahika Kids. Terakhir di bidang kecantikan, yaitu jamu pelangsing dengan merk Slim Fat.
Terlepas dari kabar retaknya rumah tangga keduanya, apa yang telah dilakoni selama ini tetap diapresiasi.
Noe Row
Pemilik nama asli Nurul Firza Chairani ini merupakan youtuber yang sukses di Jakarta.
Noe Row merintis kariernya sebagai content creator di YouTube sejak tahun 2015 dan hingga kini sudah mencapai 2,1 juta subscribers.

Setelah sukses menjadi seorang influencer, Noe juga melebarkan sayapnya ke dalam bisnis di bidang fashion dengan membangun clothing line yang diberi nama EvilSpirit.
Putri Tanjung
Berprestasi dan inspiratif, merupakan dua kata yang bisa menggambarkan seorang Putri Tanjung. Sosok yang dipilih oleh Presiden Jokowi sebagai salah satu Staf Khusus Kepresidenan ini juga merupakan pengusaha sukses.
Mulai merintis bisnis sejak usia 15 tahun, CEO sekaligus founder dari Creativepreuner Event Creator ini telah mewarisi bakat bisnis dari sang ayah, Chairul Tanjung.

Walaupun terlahir sebagai anak konglomerat, ternyata Putri Tanjung tidak pernah meminta modal sepeser pun kepada ayahnya dalam merintis bisnisnya.
Itulah tujuh influencer keturunan Minang yang sukses sebagai pengusaha. Kita berharap semoga semakin banyak generasi muda minang yang sukses di berbagai bidang.
Atta Halilintar
Siapa yang tak kenal dengan youtuber kondang dengan 26 juta subscribers ini? Hampir semua pengguna YouTube di Indonesia pasti pernah menonton konten yang dibuat oleh pelantun lagu ‘Calon Bojo’ yang satu ini.
Lahir dari keluarga Minang, bisnis merupakan hal yang sudah mendarah daging pada diri seorang Atta Halilintar. Sejak usia 11 tahun, Atta merintis usaha dengan menjual kartu perdana. Hingga saat ini usianya 26 tahun, calon suami Aurel Hermansyah ini diketahui telah memiliki enam bisnis yang berkembang.

Di antaranya, di bidang fashion ada AHHA dan AHHA Hijab. Cake Masa Depan dan Medan Mulaka di bidang kuliner. AHHA Publishing, dan yang terakhir AHHA Production. (dj/sk)
KOMENTAR